twitter
    See You (Soon)...

2009/01/16

Tips Mempercepat Loading Blog


Sebuah blog dibuat tentu dengan harapan yakni meraih traffic yang tinggi. Namun bagaimana jadinya jika blog yang sudah kita desain sedemikian bagusnya lengkap dengan artikel-artikel yang baik namun memiliki loading yang lama dalam me-load blog konten yang ada di dalamnya? Inilah yang patut dipikirkan setiap blogger (termasuk saya) supaya memiliki blog yang dapat di-load dengan cepat, sehingga para pengunjung tidak perlu bosan menunggu loading blog yang lama yang dapat berakibat keengganan mereka untuk kembali mengunjungi blog kita tersebut.

Pernahkah Anda berpikir jika blog Anda dapat diakses cepat melalui komputer Anda namun belum tentu cepat jika orang lain yang mengakses dengan komputer mereka? Nah, tujuan tulisan kali ini adalah untuk mendapatkan loading blog yang cepat walaupun dengan menggunakan koneksi yang berbeda-beda. Oleh karena itu silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini :


1. Cari tahu seberapa cepat blog Anda diakses untuk pertama kalinya. Coba buka http://www.websiteoptimization.com/services/analyze/index.html untuk melakukan serangkaian test tersebut.



Masukkan URL Blog Anda pada bagian Enter URL to diagnose, klik submit query.

Contoh hasil analisa kecepatan loading blog seperti gambar dibawah ini :



• Untuk yang berwarna hijau, berarti blog sudah optimal dan tidak perlu melakukan perubahan lagi.
• Untuk yang berwarna kuning, tidak terlalu buruk juga tetapi tetap lakukanlah perbaikan agar dapat lebih cepat diakses.
• Untuk yang berwarna merah, berarti halaman / bagian itu harus dibenahi karena terlalu lambat untuk diakses.
Kesimpulannya adalah jika kebanyakan dari hasil analisa yang muncul berwarna hijau dan kuning berarti akses loading blog sudah baik, namun jika banyak yang berwarna merah perlu banyak dilakukan pembenahan pula.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat loading blog Anda :


1. Hapus Widget / script yang benar-benar tidak dibutuhkan, seperti widget yang hanya untuk mempercantik tampilan / membuat tampilan itu lebih interaktif, namun jangan sembarangan dalam menghapus widget, beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum menghapus widget adalah :

• Seberapa pentingnya widget ini bagi blog Anda?

• Apakah widget ini mempunyai nilai guna bagi pembaca, atau apakah jika widget ini tidak ada pembaca akan kesulitan mencari sebuah artikel?

• Apakah pembaca akan merasakan kerugian / mengeluh jika Anda menghapus widget dari tampilan blog Anda?


2. Kurangi jumlah gambar yang Anda gunakan dalam layout blog Anda
Gambar juga memiliki kontribusi yang besar terhadap kecepatan loading suatu blog, karena size gambar dapat memperberat loading blog Anda. Oleh karena itu cobalah mengurangi gambar yang dirasa kurang penting, coba seleksikan dari segi manfaat dan intensitas kepentingannya.

Perlu diingat, jika Anda memang tidak menginginkan untuk menghilangkan sebagian gambar di template maupun widget Anda, mungkin beberapa tips ini dapat membantu,


1. Buatlah postingan baru pada blogger untuk menampung gambar (yang berarti Anda harus membuat blog baru lagi untuk menampung gambar ini)
Upload semua gambar dalam satu postingan saja. Setelah itu maka gambar yang Anda posting tadi akan di-hosting ke server gambar blogger. Anda dapat melakukan preview di setiap gambar yang Anda posting dengan klik kanan pada setiap gambar, copy link location, maka Anda akan melihat URL gambar tadi. Gunakan URL ini sebagai pengganti URL yang ada di template Anda atau widget di sidebar.


2. Perkecil ukuran gambar.
Cara ini dapat mengurangi beban loading blog sehingga dapat diakses lebih cepat. Coba kecilkan ukuran file gambar Anda (termasuk penggunaan dalam postingan maupun template) ke dalam ukuran byte atau kilobyte. Dampaknya memang Anda akan kehilangan kualitas gambar, tetapi Anda juga mendapat pengaruh yang positif pula, yakni blog Anda tidak akan lama diakses seseorang.


3. Sederhanakan kode CSS Anda.
CSS dalam blog termasuk mempunyai ukuran file yang besar. Ini karena CSS dalam blog <b:skin> (atau <style> untuk blogger classic template) menggunakan garis yang terpisah, atau mempunyai ketidakgunaan yakni terlalu banyak menggunakan spasi dan mungkin juga dengan komentar HTML.
Dengan menyederhanakan CSS, maka loading blog pun menjadi cepat. Namun adalah tidak mungkin jika kita meng-edit satu per satu sedangkan resiko kesalahannya juga besar.
Dalam mengatasi hal ini, kita akan menggunakan jasa CSS Optimizer Website, caranya :

a. Copy seluruh kode di antara <b:skin> sampai </b:skin> (untuk classic template <style> sampai </style>)

b. Kunjungi CSS Optimizer Website, lalu paste-kan seluruh CSS yang sudah di-copy ke kotak yang disediakan.

c. Klik tombol Process CSS

d. Selanjutnya akan muncul kotak yang berisi kode yang sudah di-kompress

e. Tumpangi kode CSS yang berada di antara <b:skin> (<style> pada classic template) dengan kode yang sudah di-kompress tadi.

f. Preview template Anda terlebih dahulu untuk memastikan template dapat berjalan dengan baik dan tidak ada kejanggalan di dalamnya, setelah itu klik Save Template.

Semoga infonya bermanfaat, tidak lupa saya ucapkan terimakasih juga pada Mas Umar atas kebaikannya.

Oh iya, jangan lupa isi komentarnya ya biar rame.. :)



Dapatkan update hacking tutorial, tips dan trik menarik seputar teknologi, download full software, belajar bisnis internet, dan masih banyak lagi langsung ke email Anda sekarang juga!


Related Post



7 komentar:

  1. alow dan eh sory aku durung ngelink blog mu... sorry ya.... lali aku..............

    BalasHapus
  2. info yang sangat bermanfaat mas...lanjutkan...hehe

    BalasHapus
  3. matep...mantep..ning piye mas gawe menu2 sing enek isine koyo neng blog iki?

    carane bikin kategori...

    piye kode2 html traffic agar okeh koyo neng ngisor iki mas??

    matur suwun..

    BalasHapus
  4. lumayan gan,,,,,,anyway okelah,,,,,,txx kunjungi blog ku..www.sewa-busmobil.blogspot.com kira2 dah oke lom.....txxx opus likumahuwa 081390206456 / pin bb 32e54e4B

    BalasHapus

Every of your opinion would be very valuable for me...

So write your comment, please... :)