twitter
    See You (Soon)...

2009/01/03

Menampilkan Kode HTML Pada Postingan Blogger


Dalam menulis postingan, terkadang kita dipusingkan oleh peringatan yang mengatakan bahwa pada obyek tertentu terdapat kekeliruan biasa terjadi karena mungkin belum di-PARSE. Salah satu yang paling sering kita temui adalah jika kita menuliskan kode HTML tidak cocok, padahal kita bermaksud untuk menampilkan kode tersebut pada postingan.

Nah, agar tidak panjang lebar lagi langsung saja akan saya jelaskan caranya. Jika kita menulis suatu kode HTML biasa diawali dengan karakter <, jika ingin ditampilkan pada postingan maka yang harus kita tulis adalah &lt; dan untuk karakter penutup > yang harus kita tuliskan agar sesuai maksud adalah &gt; dan masih banyak karakter-karakter lainnya yang memiliki perintah berbeda pula.

Sebagai contoh untuk menampilkan kode link HTML sederhana pada postingan adalah sebagai berikut,

<a href="http://wildan-arief.bolgspot.com">Wong Ndeso</a>

Maka kode di atas harus kita PARSE terlebih dahulu. Dan yang harus kita tulis sebelum dipublish (pada Edit HTML bagian Posting) adalah sebagai berikut,

<code>&lt;a href=&quot; http://wildan-arief.bolgspot.com &quot;&gt;Wong Ndeso&lt;/a&gt;</code>

Kode di atas adalah kode HTML yang sudah di-PARSE agar bisa tampil pada postingan kita.

Bagaimana? Ternyata cukup membingungkan juga ya? Nggak apa-apa kok, saya yang masih newbie ini juga sering bingung jika dihadapkan pada karakter-karakter yang bikin pusing semacam itu, hehe…

Tapi eitts, don’t worry bro!! Jangan menyerah sebelum bertanding dulu. Semua itu dapat diatasi dengan mudah kok. Lalu bagaimana caranya? Saya mengambil referensi dari postingan Hakimtea, terdapat 3 web yang menyediakan fasilitas PARSE HTML.

PERTAMA, Anda bisa menggunakan jasa Centricle untuk mem-PARSE kode HTML dan aturan mainnya pun cukup sederhana, karena Anda tinggal mengcopy-paste kode HTML yang akan di-PARSE pada kotak yang telah disediakan kemudian klik ENCODE, maka akan tampil kode HTML yang telah di-PARSE dan siap untuk di-COPAS agar dapat tampil pada postingan blog Anda. Atau klik DECODE untuk mengembalikan pada kode semula. Silakan berkunjung ke Centricle dengan klik di sini.

KEDUA, menggunakan jasa Blogcrowds.com. Aturan mainnya sama dengan Centricle, yakni Anda cukup mempaste kode HTML pada kotak yang disediakan kemudian klik PARSE. Jika ingin lebih jelas, disamping kanannya terdapat instruksi penjelasan tentang cara penggunaan tool yang satu ini.

KETIGA, demikian pula dengan accessify.com yang menyediakan jasa layanan PARSE HTML dan menamainya dengan sebutan Quick Escape. Setelah kode HTML di paste pada kotak yang disediakan, klik tombol Convert to Escape characters.

Demikian kiat-kiat praktis untuk mem-PARSE kode HTML agar dapat tampil dalam postingan blog, khusus bagi pengguna blogger.
Selamat mencoba!

Oh iya, bila ada kritik dan saran, silakan diisi di kolom komentar ya. Maklum, masih newbie ni jadi masih harus banyak berbenah. :)



Dapatkan update hacking tutorial, tips dan trik menarik seputar teknologi, download full software, belajar bisnis internet, dan masih banyak lagi langsung ke email Anda sekarang juga!


Related Post



3 komentar:

  1. thanks infonya
    salam kenal dari blog baru

    BalasHapus
  2. Gampang - gampang susah yah...coba aja deh

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sudah dipraktekkan dan sukses mas..

    Terimakasih

    Tips Blog : Menampilkan Image Static

    BalasHapus

Every of your opinion would be very valuable for me...

So write your comment, please... :)